Ada Aurora Di Pangkalan Bun??? Mari Berdiskusi.

00.10 Posted In Edit This 1 Comment »







Gambar di atas terjadi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada tanggal 22 April 2009, pukul 16.10 WIB.. hal ini membuat aku dan orang di sekitar rumah jadi terkejut. kenapa??? kejadian alam ini sangat cantik sekali jika dilihat mata telanjang... kemudian apa nama kejadian alam ini??? jika dilihat secara kasat mata, warna yang ditimbulkan itu seperti warna Pelangi. Namun,itu bukan pelangi.. hal ini seperti layaknya Aurora...
Apakah hal ini benar Aurora??? Apakah Aurora bisa timbul di daerah Khatulistiwa???
mari kita telaah.
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang berpendar seolah menyala-nyala pada lapisan ionosfer* dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. (ensiklopedia wiki)
di Bumi, Aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi sebelah Selatan dikenal dengan Aurora Australis, sedangkan yang terjadi di Utara disebut Aurora Borealis. Aurora sering terlihat di kutub tetapi tidak menutup kemungkinan timbul di daerah KHATULISTIWA. kenapa demikian??
karena terjadinya Aurora bisa juga di timbulkan oleh gempa, karena gempa dapat merubah getaran elektromagnetik Bumi. ketika Tsunami timbul setelah gempa berkekuatan besar, maka ada kemungkinan sekali terjadinya Aurora di daerah Khatulistiwa...
Ket * :
ketebalan Ionosfer 50-100 km, sebuah lapisan yang bersifat memantulkan gelombang radio. karena ada penyerapan radiasi dan sinar ultra violet maka menyebabkan timbul lapisan bermuatan listrik yan suhunya menjadi tinggi.
Kesimpulannya:
kejadian alam yang terjadi di langit Kota MANIS Pangkalan Bun mungkin dikarenakan adanya pemanasan Global. Saking panasnya Matahari menyinari bumi, membuat lapisan Ionosfer memantulkan cahaya matahari tersebut ke langit yang membentuk warna-warna yang indah. Atau dampak dari radiasi peluncuran Nuklir KORUT ya?? Atau hadiah alam untuk Bumi di hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April ya??? apa tanggapan Anda???



1 komentar:

Tembalang Online mengatakan...

MAsa???
Beneran tuh auroranya ji?
Fotonya dpt drmn?

=aRSYIL=